“Ayu, buku-bukumu jaman SD mbok dijual aja.” Kata ibuku suatu pagi.

“Ahh, males bu, mbok ga usah dijual, disimpen aja, kalo-kalo nati butuh buku kan ga usah beli baru.” sergahku.

“Yo wis, tapi ditata rapi.” jawab ibuku.

“Males ah bu, nanti wae.” selorohku pendek.

Itu penggalan percakapanku dengan ibuku di suatu minggu pagi, aku yang baru saja bangun dari hibernasi harianku, sebenarnya aku emang males buat ngrapiin buku-buku jaman baholaku, ngeselin banget harus bergulat dengan debu di atas bukuku. Tapi, bukan itu alasan utamaku males ngebenahi buku-bukuku.

Alesan utamanya adalah, menurutku buku-buku itulah yang bisa nganter aku sejauh ini, aku ga bakal bisa masuk SMA tanpa buku-buku itu, mereka udah kayak buku diary ku. Tanpa mereka aku jadi apa? mungkin aku sekarng cuma jadi anak putus sekolah (eh, ga mungkin juga) yang luntang-langtung ga punya temen, amit-amit, yang jelas buku-buku jaman baholak itu terlalu berharga jika harus ditukar dengan selembar Rp. 10.000;. Iyakan? Hallo, kenangan masa kecil kita, masa pendewasaan kita? Rp. 10.000; , tega banget kalo aku lepas dengan mudah, jadi aku putuskan ga akan aku lepas buku jaman bahola.

Tiap hari aku nulis di tubuh mereka, coret-coret ga jelas, dll. Itulah diaryku yang sebenarnya, bukan tentang tetekbengek cinta monyet jaman SD ama temen sekelas (yang untungnya ga terjadi padaku). Lucu juga liat catetean jaman SD yang isinya aneh-aneh, dari mulai Harry Potter, My Chemical Romance, dan acara jodoh-jodohan ga jelas yang selalu bikin mukaku merah (aku ga tau kenapa, tiap dijodoh-jodohin kayak gitu mukaku bisa merah kayak udang rebus, padahal kulitku bukan termasuk putih, itulah yang nyebabin aku selalu jadi bulan-bulanan, dikira seneng po, oralah).

Pernah aku baca syair nyanyian sederhana, hasil tulisanku ketika di bangku kelas 4 SD, kata-katanya lugu banget, aku sama temen-temenku pernah nyanyiin syair gak jelas tapi penuh kenangan itu di kelas bareng wali kelas kami, Pak Marijo. Terharu juga sih, tapi sayang, aku lupa pernah liat tulisan itu dimana, terlalu banyak buku di gudang, BEJIBUN.

Kenangan dengan buku IPA terpadu, IPS terpadu, SASEBI, dll, dulu belum marak buku BSE, macamnya pun tak banyak hampir tiap sekolah makenya buku yang sama, jadi buku cetak itu merajalela. Dulu hidup serasa lebih simple, buku-buku itu ga bikin banyak beban di otak. Maka dari itu aku ga bakal mau nglepas mereka dengan mudah, ya walau terkadang tersebar ga jelas, tapi aku ngerasa ayem aja, aku ngerasa seneng bisa liat mereka ada untuk aku, tapi sayangnya aku jarang ada bahkan ga pernah ada buat mereka, maafkan aku buku jaman SD.

About yosweeta

I am a sweet little sanguine girl

One response »

  1. Cornell mengatakan:

    Thank you for every other informative web site. Where else may just I
    get that kind of info written in such an ideal method?
    I’ve a mission that I’m simply now running on, and I have been at the look out for such
    information.

Tinggalkan Balasan

